Tutorial

Terbebasnya dari penjara Suspend wordpress

bebas-merdeka
Sumber : Tumoutou.org

Selamat datang dan bersua kembali kawanku semua, maaf setelah sekian lama blog ini menghilang dari peredaran dunia maya “belantara perbloggingan” baru sekarang muncul lagi ke publik, itu bukan karena saya jadi buron aparat atau sedang operasi plastik ke luar negeri demi menghilangkan jati diri, tapi yang benar adalah blog sarjoni.wordpress.com ini dipenjara oleh wordpress dalam rentang waktu yang cukup lama.

Saya cukup shock dan kecewa bukan tanpa alasan,  blog yang ada dihadapan anda ini pernah mencicipi kejayaan yang bagi saya melampaui batas ke-newbie-an saya sebagai muka baru di dunia blogging, beberapa kejayan yang pernah diraih blog ini diantaranya adalah :

  1. Merajai posisi 3 besar google dengan beberapa kata kunci “fantastis” yang lumayan ramai pada rentang waktu kira-kira 2010 hingga 2013.
  2. Meraih visitors konsisten setiap hari berkisar antara 500 – 1000 hits perhari, dan itu mayoritas datang dari mesin pencari terutama om Google
  3. Mencapai Pagerank fantastis yakni bertahan diposisi 4 – 5, ini cukup prestisius untuk blog jadul seperti blog ini
  4. Memiliki Ratusan bahkan ribuan “Backlink Dofollow” dari berbagai variasi web dan blog terutama blog-blog wordpress dan blogspot yang berpagerank 2 – 6
  5. Memiliki ratusan bahkan ribuan teman blogger aktif yang aktif berinteraksi diblog ini, menurut saya ini yang paling substansi.

Tapi sekali lagi itu dulu, dan hanya bertahan hingga akhir 2013 (kalau tidak salah sih, maklum lupa karena sudah sekian lama dipenjara oleh admin wordpress) memang harus jujur saya akui bahwa saya telah melanggar TOS wordpress yang teramat berat, pada awalnya diberi Surat Peringan 1 ke email oleh pihak wordpress yang berisi peringatan agar segera menghapus link-link yang berbau bisnis online, namun karena saya masih merasa pede tidak akan dibanned atau disuspend alias dipenjara wordpress, hal itu saya acuhkan saja.

disuspend wordpress

Akibatnya blog saya dieksekusi secara paksa oleh tim keamanan wordpress, berkali-kali mohon pengampunan kepada admin namun tidak digubris sama sekali, mungkin kesabaran admin wordpress sudah diambang batas, akibatnya malah lebih serius lagi, bukan saja blog sarjoni.wordpress.com yang disuspend tapi akun wordpress.com saya pun tidak bisa login lagi. sempat tidak percaya dan shock pada waktu itu, tapi apa boleh buat saya harus siap dengan konsekuensi akibat melanggar aturan ketat pihak wordpress.

Jika dulu anda mengakses atau mengunjungi blog sarjoni.wordpress.com anda hanya akan mendapati tampilan yang berisi tulisan “sarjoni.wordpress.com is no longer available. This blog has been archived or suspended for a violation of our Terms of Service.For more information and to contact us please read this support document” dengan tampilan halaman seperti gambar berikut ini:

suspend-wordpress
Suspend Permanen wordpress

Telah berkali-kali saya mengirim permohonan pembebasan suspend ke pihak admin wordpress namun tidak direspon, karena mereka hanya merespon permohonan dari pemilik asli akun wordpress bukan dari pihak ketiga. sedangkan saya tidak bisa login ke akun wordpress jadi kesimpulan saya pada waktu itu bersedia dipenjara untuk selama-lamanya.

Namun pas malam tanggal 17 Januari 2017, entah kenapa tiba-tiba terbesit niat saya untuk membebaskan blog saya dari penjara suspend wordpress.com yang sudah berlansung selama bertahun-tahun. jika dihitung sejak 2013 hingga 2017 sudah 4 tahun blog sarjoni.wordpress.com ini mendekam disel tahanan wordpress.

Tanpa pikir panjang saya coba-coba daftar blog baru diwordpress.com, mana tahun beruntung bisa dapat alamat blog wordpress.com dengan URL yang sama seperti sarjoni.wordpress.com, karena saya beranggapan bahwa sudah bertahun-tahun disuspend pasti blog saya tersebut sudah di delete dari database wordpress.com, namun anggapan saya salah besar, blog tetap ada tapi disuspend.

Tidak kehabisan akal saya coba untuk merecovery ulang kata sandi blog saya yang pernah tidak bisa dibuka itu, ternya bisa direcovery kembali, wah ini keberuntungan pikirku dalam hati, setelah saya cek diakun wordpress ternyata blog sarjoni.wordpress.com sudah tidak bisa dibuka lagi, karena memang masih berstatus suspend.

Mumpung bisa login ke akun wordpress.com dengan data akun lama akhirnya saya memutuskan untuk mengirim permintaan ke pihak wordpress untuk membebaskan akun saya dari penjara suspend, pertanyaan adalah kenapa harus login dulu untuk mengirim permohonan pengaktifan ulang blog wordpress yang disuspend?, itu karena pihak wordpress telah menyatakan tidak akan merespon permohonan dari pihak ketiga, Jadi anda harus login dulu baru bisa mengirim permintaan yang bakal direspon.

Alasan yang paling memacu motivasi saya untuk mengaktifkan kembali blog sarjoni.wordpress.com ini karena blog ini sudah menyejarah dan pernah membuat sejarah, dan lagian blog ini sudah berumur cukup tua, lebih kurang 7 tahun, dan ini menjadi blog perdana saya ketika mengenal blogging, blog ini saya buat 15 April 2009, anda bisa cek disini kebenarannya: https://id.forums.wordpress.com/profile/sarjoni

Bagaimana cara mengirim permintaan pembebasan suspend blog ke pihak wordpress.com?

  1. Pastikan anda login dulu ke akun wordpress.com https://wordpress.com/login
  2. Selanjutnya akan terbuka halaman blog anda yang masih berstatus disuspend seperti gambar berikut.
  3. suspend-wordpress
  4. Selanjutnya klik link : “support document” seperti gambar diatas, kemudian akan terbuka halaman seperti gambar berikut:
  5. contact-support-suspend
  6. Silakan anda kirim permintaan pembebasan suspend seperti yang saya tulis diatas lebih kurang kalimatnya seperti berikut ini : “Dear Admin Mr. Matt Mullenweg, I apologize for my mistake of the provisions which are established by wordpress. Then I beg the wordpress reactivate my blog as before. Thank you so much, nama anda”
  7. Dan tunggu lebih kurang 2 -3 jam permintaan anda akan direplay oleh pihak admin wordpress.com, nanti akan ada jawaban dari pihak wordpress.com seperti berikut ini: “Hello, Your site has been suspended for containing content that we consider to be spam, which we define as content created with the primary purpose of mass solicitation or increasing traffic of third-party sites. Content that falls into these categories includes, but is not limited to, unwanted promotional content, duplicate content, and content written for gaming search engines. This is a violation of our User Guidelines and our Terms of Service. You can learn more at the following links” artinya silakan terjemahkan sendiri pakai google translate :), yang jelas intinya itu pemberitahuan bahwa blog wordpress disuspend lantaran ada pelanggaran terhadap aturan yang ditetapkan oleh wordpress.
  8. Silakan balas pesan tersebut dengan kalimat lebih kurang seperti berikut ini : “Please help me to reactive my blog namablog.wordpress.com again, because this blog is very important to me, this blog was permanent suspend by wordpress admin. I am ready to follow the rules and the terms suggested by admin wordpress blog as long as it can be reactivated namablog.wordpress.com, I am ready to follow and remove the spam link another content duplicate, Best Regards, nama anda” artinya apa gan?, terjemahkan pakai google translate ya, 🙂 !
  9. Selanjutnya email anda akan dibalas lebih kurang seperti berikut ini : “If you’d like to continue blogging on WordPress.com, I’d be happy to empty the contents of your blog so you can start fresh with the same URL. Please keep in mind this action is permanent and we won’t be able to recover your content in the future should you change your mind. Going forward, you would still need to follow our user guidelines: https://en.support.wordpress.com/user-guidelines/, If that sounds ok, just let me know and I’ll make the necessary changes” artinya ke google translate ya, 🙂 !
  10. Silakan balas email tersebut dengan kalimat lebih kurang seperti berikut ini, “Yes Mr. xxx, I am ready to follow all the rules wordpress for the future, and I am willing you empty the contents of my blog, so I can start fresh with the same URL. I want started blogging with same URl namablog.wordpress.com, new things that are positive, healthy and beneficial. Thanks so much before,  Best Regards nama anda”
  11. Nanti akan ada balasan dari wordpress lebih kurang begini: “Thanks for confirming, I emptied your blog: namablog.wordpress.com, Note that you may need to refresh your blog in your browser—or clear your browser cache—if it still appears suspended: https://en.support.wordpress.com/browser-issues/#clear-your-cache-and-cookies” Sampai disini saya ucapkan selamat bahwa blog anda sudah dibebaskan dari tahanan wordpress.com

Namun ada hal penting yang perlu anda ingat jika  sudah terbebas dari suspend wordpress, ini saya angkat dari pengalaman pribadi, bahwa anda harus memperhatikan hal-hal seperti berikut ini :

  1. Tulisan yang sudah banyak anda publikasikan, harus anda relakan dihapus selamanya oleh pihak wordpress.com ini adalah konsekuensi yang harus anda terima jika terdeteksi melanggar aturan ketat wordpress.com seperti yang dialami blog sarjoni.wordpress.com ini.
  2. Jangan sekali-kali mengulangi kesalahan yang sama kedepannya, karena anda mesti bersyukur blog anda sudah dibebaskan dari penjara suspend, andai saja anda kedapatn lagi melanggar TOS wordpress, kemungkinan besar bakal dibekukan buat selama-lamanya.
  3. Jika anda berpikir ngeblog untuk mencari uang atau monetisasi blog, saya sarankan anda beralih ke blogger atau platform blog lain, karena wordpress.com mengharamkan membernya menghasilkan uang dari blog lewat program uang panas, kontes seo, klik-klik iklan kecuali apabila anda upgrade menjadi member Premium dengan biaya yang sudah diatur oleh wordpress
  4. Penjelasan saya diatas belum tentu akurat 100% bisa saja mood dan kejadian yang anda alami akan berbeda dari dengan apa yang saya alami, karena wordpress juga dikelola oleh manusia biasa yang rentan berbuat salah, jadi kemungkinan-kemungkinan yang tidak terprediksi bisa saja terjadi, namun dalam kondisi normatif persis sama seperti yang saya jelaskan.
Mari berdiskusi cerdas

