Internasional · Opini · Pendidikan

Gaji petugas kebersihan di Jepang Rp 50 juta perbulan

jepangKita semua barangkali sudah tahu Jepang (Nippon / Japan) sebuah negara di benua Asia yang tidak melimpah Sumber Daya Alamnya, namun Jepang secara Ekonomi menjadi salah satu negara maju dan terkuat kedua setelah USA dan urutan pertama dikawasan Asia, kita semua mungkin pernah baca sejarah bagaimana dua kota Jepang Hiroshima dan Nagasaki dibombardir oleh tentara sekutu, luluh lantar jadi abu, namun Jepang bisa bangkit bahkan melebihi Indonesia yang kala itu juga mendapat kemerdekaan atas serangan tentara sekutu ke Jepang.

Ternyata ada faktor yang melatarbelakangi kenapa Jepang bisa menjadi negara Power di dunia ini, ada beberapa hal penting diketahui tentang Jepang, berikut hal-hal yang membedakan Jepang dengan negara kebanyakan:

  1. Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari selama seperempat jam dengan para guru , yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan suka pada kebersihan.
  2. Setiap warga negara Jepang yang memiliki anjing harus membawa tas dan tas khusus itu berguna mengambil kotoran piaraan mereka , karena mengatasi kebersihan adalah bagian dari etika Jepang.
  3. Pekerja kebersihan di Jepang disebut ” insinyur kesehatan ” dan mendapatkan gaji setara Rp.50 Juta/ bulan , dan dalam perekrutannya menjalani tes tertulis dan wawancara.
  4. Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti di Indonesia , dan mereka sering terkena gempa bumi, tetapi itu tidak mencegah Jepang menjadi Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.
  5. Jepang siswa dari tahun pertama hingga tahun keenam primer harus belajar etika dalam berurusan dengan orang-orang.
  6. Masyarakat Jepang meskipun adalah salah satu negara dengan Pendapatan tertinggi di dunia, tetapi mereka tidak memiliki pembantu. Orang tua bertanggung jawab atas rumah dan anak-anak.
  7. Tidak ada tes ujian dari tingkat pertama sampai tingkat ke tiga (Setara SD kelas 1 sampai SD Kelas 3) karena tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan konsep dan pembentukan karakter, bukan hanya tes dan indoktrinasi.
  8. Jika Anda pergi ke sebuah restoran prasmanan di Jepang Anda akan melihat orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan tanpa limbah apapun. Tidak ada sisa2 makanan.
  9. Tingkat keterlambatan kereta di Jepang adalah sekitar 7 detik per tahun! Mereka menghargai nilai waktu, sangat tepat waktu untuk menit dan detik.
  10. Jika anda bertanya kepada mereka “Apakah arti pelajar ?” Mereka akan Menjawab “Pelajar adalah masa depan Jepang”.
Iklan

3 thoughts on “Gaji petugas kebersihan di Jepang Rp 50 juta perbulan

      1. Begitulah, seharusnya ada upaya perbaikan yang sifatnya bertahap dan pelan tapi pasti serta tidak memaksa dari pemerintah, karena masyarakat kita nggak suka budaya nya tau tau diubah, contohnya budaya males males an tau tau disuruh rajin, ini susah, saya alami sendiri.

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s