Opini

Asap Jambi Lebih Ganas dari Kerinci

Kabut Asap Kota Jambi

Kabut asap benar-benar mencapai titik membahayakan bagi kesehatan, partikel asap sudah mengandung debu yang ikut terangkat bersama asap setelah terjadi pembakaran, jika beberapa bulan yang lalu jarak pandang diradius 3 – 5 Km, sekarang hanya diradius 50 meter.

Lebih dari 3 bulan bencana kabut tak kunjung usai, bahkan semakin pekat dan mematikan, penyakit ISPA pun menjangkit, bahkan sudah berjatuhan korban hingga meninggal mendunia.

Lain di Kerinci lain pula di kota Jambi, jika dikerinci kabut asap masih diimbangi oleh hamparan luas TNKS yang terus memproduksi oksigen, meski sudah beberapa bulan terakhir dilanda kemarau panjang, stok udara dan air bersih di Kerinci masih cukup tersedia untuk kebutuhan masyarakat.

Namun tidak demikian dikota Jambi, polusi udara sudah mencapai titik sangat membahayakan, jarak pandang hanya radius 20 – 40 meter, diperparah kemarau panjang dikota ini membuat persediaan air bersih semakin langka, bahkan PDAM sudah mengumumkan bahwa stok air PDAM untuk masyarakat kota Jambi tidak tersedia lagi.

Suasana panas, ditambah aroma udara yang tidak ramah lagi untuk pernafasan sudah bisa dipastikan jika kita keluar rumah tanpa masker hanya dalam hitungan 2 hari ISPA pasti sudah menjangkiti kita.

Jika air sudah diprivatisasi, maka jangan heran suatu saat nanti udara akan diprivatisasi dan dikomersial jika pemerintah dan masyarakat Indonesia tidak segera menyatakan perang terhadap pelaku penyebab kabut asap. Sekarang atau tidak selamanya.

Bang Jon

Iklan

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s