Opini

Cara membuat kincir air sederhana

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menemukan berbagai benda hasil kreatifitas manusia, salah satunya adalah kincir, fungsi dan kegunaan kincir cukup beragam, seperti sebagai pembangkit listrik, alat pengairan sawah, penyuplai oksigen ke dalam air.
Kincir air cukup mudah kita temukan apalagi jika kita tinggal di daerah yang masyarakatnya mayoritas petani sawah yang bertani dipinggir aliran sungai, rata-rata menggunakan kincir sebagai penyuplai air.

Nah, sekarang penulis ingin berbagi sedikit cara membuat kincir air sederhana dengan bahan yang ada disekitar kita, bahan-bahan yang kita butuhkan meliputi; 2 buah klahar motor bekas, 2 buah tabung bekas herbisida (Roundup), paralon bekas diameter 3 inci, kawat cor 1/2 meter, dua buah balok kayu untuk kedudukan klahar.
Cara pembuatannya; pertama potong salah satu tabung herbisida pada bagian bawahnya, kemudian ambil tabung yang satu lagi kemudian masukkan sisi bawah tabung herbisida ke bagian tabung yang sudah dipotong. Lubangi tabung herbisida sesuai ukuran paralon yang akan dijadikan sirip-sirip pemutar kincir. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar.
Iklan

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s