Bisnis

Cara cepat pengeringan Batu Bata

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan usaha industri batu bata adalah cuaca yang tidak stabil atau musim hujan saban hari, akibatnya proses pengeringan menjadi terhambat terkadang membuat produsen menjadi rugi bahkan bangkrut sama sekali.

Telah banyak dilakukan penelitian dan uji coba demi meminimalisir resiko yang akan terjadi dalam produksi batu bata, diantaranya adalah membuat batu bata tanpa bakar, menggunakan atap fiberglass dalam penjemuran batu bata, membuat oven pengering/pembakar.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menguraikan bagaimana cara mempercepat proses produksi dan memotong beberapa tahapan sehingga mempersingkat masa produksi. Jika pada awalnya para produsen untuk bisa menghasilkan batu bata yang sudah masak memakan waktu hingga 2 bulan, andai pun bisa dipercepat waktunya tetaplah bergantung pada kondisi cuaca, terlebih cuaca hujan maka dipastikan bata yg masih lembab akan butuh waktu lama untuk memuai hingga kering.

Maka dengan menggunakan metode ini akan lebih efektif dan efisien, salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan atap fiberglass, yakni atap yg tembus cahaya namun tidak tembus air hujan, sehingga bata akan tetap terjemur tanpa harus ditutup setiap harinya, akan tetapi metode ini tidak semua produsen mampu karena harga atap fiberglass yg relatif tinggi, ini tentu memberatkan.
Kemudian dengan menggunakan limbah sekam padi yang tersedia cukup melimpah, sekam padi bisa dijadikan batu bara untuk mempercepat proses penguapan air yg berada didalam batu bata yang baru dicetak sehingga batu bata dapat kering lebih cepat walau cuaca sedang mendung, metode ini cukup efektif apalagi jika produsen bisa mengatur sedemikian rupa tempat pengeringannya.
Kemudian yang terakhir menggunakan teknologi oven, dan ini dipandang lebih jitu, karena proses akan lebih singkat, namun sayang, saya sendiri ketika ingin memasang oven pengering sekaligus pembakar batu bata harus menggelontorkan dana 1.4 M, untuk wirausaha kecil seperti saya angka 1.4 M cukup membuat kepala gatal tanpa sebab.
Namun jika produsen bisa membuat oven secara mandiri ini tentu sangat menggembirakan sekaligus membuka peluang profit yang lebih besar bagi perusahaannya.
Untuk cara membuat oven batu bata, pengeringan dengan bara sekam padi akan saya bahas pada posting selanjutnya mudah-mudahan bisa disertai dengan gambar.
Iklan

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s