Opini

Silaturahmi Masyarakat Peduli Kerinci se – Indonesia

Pada hari Sabtu tanggal 3 Mei 2014 bertempat di Aula Kantor Walikota Sungai Penuh, diselenggarakan kegiatan silaturahmi Akbar Masyarakat Peduli Kerinci (MPK) dengan beberapa elemen Masyarakat kabupaten Kerinci. Hadir beberapa tokoh kalangan akademis, praktisi politik, pengusaha dan beberapa pejabat pemerintah kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh. H. Herman Muchtar, SE selaku ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Masyarakat Peduli Kerinci (DPP MPK) dalam sambutannya mengatakan bahwa Masyarakat Peduli Kerinci tidak hanya terdiri dari orang-orang yang berdarah atau orang keturunan kerinci, tetapi juga terdiri dari berbagai suku dan daerah yang ada di seluruh Indonesia yang memiliki perhatian terhadap pembangunan kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh.
Ada beberapa hal yang sempat dikritisi oleh H. Herman Muchtar, SE dalam sambutannya juga beliau sangat menyayangkan partisipasi dari beberapa unsur pejabat dilingkungan kabupaten dan kota terhadap beberapa gebrakan MPK masih rendah, yaitu ketika MPK mengadakan Workshop Entrepreneur dan Pelatihan tentang Kurikulum 2013 yang bertempat di STAIN Kerinci, bagi kalangan kepala sekolah dan guru di lingkup kota dan kabupaten, terlihat ketika acara sudah hampir dimulai para peserta masih belum banyak yang hadir, padahal kata beliau kalau di daerah lain para kepala sekolah dan guru yang ingin mengikuti kegiatan serupa harus menggelontorkan dana sekitar 3 juta, sedangkan MPK memfasilitasi pelatihan ini tanpa memungut biaya sepeserpun.
Dalam kegiatan silaturahmi ini juga dilakukan diskusi panel tentang berbagai hal dan aspek yang berkaitan dengan pembangunan kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh hadir beberapa narasumber yang terdiri dari pengusaha, professor dan pemerhati Kerinci dan kota Sungai Penuh. Prof. Asafri Jaya Bakri yang juga walikota Sungai Penuh dalam pemaparan beliau mengatakan bahwa kota Sungai Penuh sumber pembiayaan bagi pembangun di berbagai sektor sangat ketergantungan dengan bantuan dari pemerintah pusat, sehingga butuh ketelitan dalam pencairan dana negara tersebut bagi pembangunan di berbagai sektor, sementara di kabupaten dan kota lain yang ada di provinsi jambi mereka sudah mempunyai APBD yang berasal dari sumber daya yang dihasilkan oleh daerah sendiri.
Bupati Kerinci Dr. Adirozal dalam presentasi beliau bahwa dalam masa jabatan beliau yang baru berjalan 2 bulan defenitif, belum bisa berbuat hal yang berarti kepada pembangunan kerinci, karena itu beliau menghimbau kepada semua masyarakat pemerhati kerinci terutama MPK yang sudah me-nasional untuk turut berpartisipasi dalam percepatan pembangunan kabupaten Kerinci agar pekerjaan rumah yang sangat berat ini menjadi ringan dan dapat terselesaikan seperti yang direncanakan.
Iklan

2 thoughts on “Silaturahmi Masyarakat Peduli Kerinci se – Indonesia

  1. Semogaa kegiatan silaturahmi Akbar Masyarakat Peduli Kerinci (MPK) dengan elemen Masyarakat kab Kerinci ini bisa lebih sering diaksanakan.Dengan demikian diharapkan perhatian dari unsur pejabat kab/kota menigkat 🙂

  2. Mudah2an begitu pak, dan mudah2an juga silaturahminya tidak hanya sekedar moment Pilpres 9 Juli atau Pilgub Jambi 2015 nanti atau Pilwako Sungai Penuh juga 2015. karena jika ada modus pasti esensi acara akan menyimpang dari nilai-nilai kemanusiaan.

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s