Opini

Wacana Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir

Tampaknya Wacana Pemekaran Kerinci Hilir sudah mulai bergulir, hal ini terbukti dari Manuver dari tokoh-tokoh kerinci hilir dari berbagai latar profesi pada seminar yang diselenggarakan di Hotel Kerinci pada Kamis 01 Mei 2014 dengan mengangkat tema: “Tinjauan Potensi Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir”, Salah satu langkah proses percepatan pembangunan Kerinci Hilir utamanya pelayanan publik kepada masyarakat Kerinci Hilir adalah pemekaran dari kabupaten induk, karena secara historis, geografis, administratif serta teknis Kerinci Hilir memang sangat-sangat pantas untuk direkomendasikan pemekarannya sesuai dengan kajian data dan fakta lapangan paparan dari DR. Hariyadi yang menjadi Nara Sumber pada seminar tersebut.
Dan ini tentu perlu dukungan dari semua lapisan masyarakat, disisi lain bahwa isu Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir adalah salah satu janji politik bupati terpilih DR. Adirozal – Zainal Abidin, M.H dan ketika Kerinci Hilir dimekarkan maka secara otomatis mengurangi beban kabupaten induk atau Kerinci Hulu, sehingga pemerataan pembangunan di bumi Sakti Alam Kerinci secara umum akan lebih optimal. Sebuah langkah konkrit yang dicetus dari hasil seminar tersebut adalah dibentuknya TIM Perumus yang terdiri dari unsur Uhang Empat Jenis. dari hasil seminar tersebut juga lahir beberapa Rekomendasi. Berikut bunyi Rekomendasi tersebut:

 REKOMENDASI
Berdasarkan hasil pembahasan, saran dan pendapat yang berkembang dalam Seminar Tinjauan Potensi Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir yang bertempat di Hotel Kerinci pada tanggal 1 Mei 2014, peserta seminar yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama, pemuda dan cendikiawan Kerinci Hilir dengan ini menyatakan hal-hal sebagai berikut :
  1. Merekomendasikan bahwa aspirasi masyarakat kerinci hilir sudah bulat menyatukan tekad untuk mendorong terbentuknya pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir, karena kebutuhan akan terbentuknya kabupaten kerinci hilir sudah sangat mendesak, inipun sudah sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kerinci periode 2014-2019 yaitu Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir.
  2. Merekomendasikan pembentukan Panitia Persiapan Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir dan membentuk sekretariat panitia di kota Sungai Penuh sebagai pusat informasi pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir.
  3. Bahwa seperti yang telah dijelaskan bahwa pembentukan suatu kabupaten untuk dimekarkan dari Kabupaten Induk berpedoman kepada Peraturan Pemerintah Nomor : 78 Tahun 2007 tentang cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah. Peraturan Pemerintah tersebut menjelaskan, suatu daerah dapat dimekarkan bila batas minimal penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Induk telah mencapai 7 (tujuh) tahun berdiri.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka pemekaran sudah dapat dilaksanakan pada tahun 2015 dan peserta seminar merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk memenuhi syarat administratif, teknis dan fisik kewilayahan. Adapun persyaratan administratif yang harus dipenuhi untuk pemekaran kabupaten Kerinci Hilir  meliputi :
  • Keputusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa yang berada di wilayah 6 (enam) kecamatan yaitu : Kecamatan Sitinjau Laut, Kecamatan Danau Kerinci, Kecamatan Keliling Danau, Kecamatan Gunung Raya, Kecamatan Bukit Kerman dan Kecamatan Batang Merangin.
  • Keputusan DPRD Kabupaten Kerinci tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten Kerinci Hilir.
  • Keputusan Bupati Kerinci tentang persetujuan Pembentukan calon kabupaten Kerinci Hilir.
  • Keputusan DPRD Propinsi Jambi tentang persetujuan pemekaran kabupaten Kerinci Hilir
  • Keputusan Gubernur Jambi tentang persetujuan pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir.
  • Rekomendasi Menteri dan atau
  • Hak inisiatif DPR RI
  1. Merekomendasikan dan mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk memenuhi syarat teknis meliputi : faktor kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, pertahanan, keamanan, kemampuan keuangan, tingkat kesejahteraan masyarakat dan rentang kendali penyelenggaraan pemerintah daerah.
  2. Merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk memenuhi ketentuan persyaratan teknis melalui kajian atau study kelayakan terhadap faktor-faktor indikator yang harus dipenuhi yaitu : faktor kependudukan, kemampuan ekonomi, potensi daerah kemampuan keuangan dengan kategori sangat mampu atau mampu.
Demikian rekomendasi ini dibuat untuk dapat menjadi perhatian dan pertimbangan dalam pembentukan pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir, semoga Allah SWT dapat mengabulkan, amin…
KERINCI,  1 MEI 2014
TIM PERUMUS
Iklan

2 thoughts on “Wacana Pemekaran Kabupaten Kerinci Hilir

Mari berdiskusi cerdas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s